Intel menemukan bug pada chipset H67/P67

Pagi ini Intel mengumumkan berita mengejutkan mengenai bug pada chipset H67 dan P67, sekaligus mengumumkan recall untuk motherboard yang menggunakan kedua chipset tersebut.

Chipset seri *67  merupakan satu-satunya seri chipset yang mendukung prosesor terbaru Intel yang memiliki nama kode Sandy Bridge. Chipset P67 ditujukan pada kelas enthusiast dengan dukungan terhadap overclocking. Chipset H67 yang ditujukan pada kelas mainstream dan HTPC dengan kompatibilitas terhadap intel HD Graphics.

Bug yang ditemukan berkaitan pada SATA controller di kedua chipset tersebut. Port SATA 3Gbps yang ada di chipset menghadapi kemungkinan degradasi selama pemakaian, yang dapat berakibat menurunnya performa atau fungsionalitas dari komponen yang dihubungkan dengan port SATA, seperti Harddisk, SSD, dan Optical drive.

Bug ini terbatas pada kontroller SATA 3Gbps, sehingga pengguna disarankan untuk memindahkan drive yang ada ke port SATA 6Gbps sementara menunggu kejelasan recall. Selain itu, tidak semua pemilik sistem Sandy Bridge akan menemui bug ini, diperkirakan dalam penggunaan selama 3 tahun sekitar 5-15% pengguna akan menghadapi isu ini.

Intel telah menghentikan produksi dan distribusi chipset yang terpengaruh dan sudah memulai produksi chipset yang sudah tidak terpengaruh bug tersebut. Diharapkan versi chipset yang sudah diperbaiki akan sampai ke pengguna di akhir Februari dan pemulihan total pada bulan April.

Bug ini tidak mempengaruhi jadwal chipset yang akan diluncurkan di masa depan, misalnya Z68 yang merupakan salah satu chipset yang ditunggu oleh konsumen. Menurut Intel seperti dilaporkan Anandtech, Z68 akan tetap diluncurkan pada kuartal kedua 2011.

Anandtech juga melaporkan mengenai sumber dan detail bug yang ada di artikel ini.

About Andhika Nugrahatama

No Comments

Start the ball rolling by posting a comment on this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*